KANDUNGAN VITAMIN BUAH NAGA UNTUK TUBUH MANUSIA


KANDUNGAN VITAMIN BUAH NAGA UNTUK TUBUH MANUSIA

Kandungan vitamin dalam buah naga tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi buah naga secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Berikut kandung vitamin BUAH NAGA yang bermanfaat bagi tubuh :

  • Buah naga mengandung kandungan vitamin C sekitar 34,7 mg per 100 gram buah, menjadikannya sumber yang layak. Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat mendukung daya tahan tubuh dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Mengandung 0,04 mg tiamin atau vitamin B1, buah naga membantu metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi.
  • Satu porsi 100 gram buah naga dapat meningkatkan kadar riboflavin Anda hingga 0,05 mg berkat kandungan vitamin B2-nya. Artinya, sifat kofaktor enzim buah memberikan energi pada metabolisme.
  • Buah naga, buah tropis yang sangat manis, mengandung 0,5 mg niasin atau vitamin B3 per 100 gramnya. Vitamin penting ini membantu mempertahankan sistem saraf yang sehat dan penting dalam memfasilitasi metabolisme energi di dalam tubuh.
  • Buah naga menyediakan 0,044 mg vitamin B6 dalam setiap 100 gram dagingnya. Vitamin esensial ini, juga dikenal dengan nama ilmiahnya piridoksin, bisa didapat dari buah ini.
  • Mengandung vitamin B9 atau asam folat sebanyak 20 µg per 100 gram buah. Vitamin ini berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan perkembangan janin pada wanita hamil.
  • Buah naga mengandung vitamin K sebanyak 0,1 µg per 100 gram buah, berperan penting dalam pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang.


Ada dua jenis buah naga yang umum dikonsumsi, yaitu:

  • Buah Naga Merah (Hylocereus undatus): Buah naga merah berbentuk seperti bola dengan kulit yang berduri dan berwarna merah cerah. Daging buahnya berwarna putih dengan biji-biji kecil berwarna hitam. Buah naga merah berasal dari Amerika Tengah dan biasa dibudidayakan di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.
  • Buah Naga Putih (Selenicereus megalanthus): Buah naga putih berbentuk seperti bola dengan kulit yang berduri dan berwarna kuning atau kuning kehijauan. Daging buahnya berwarna putih dengan biji-biji kecil berwarna hitam. Buah naga putih berasal dari Amerika Selatan dan biasa dibudidayakan di negara-negara Amerika Latin dan Asia.

Kedua jenis buah naga tersebut memiliki rasa yang manis dan segar, serta kaya akan nutrisi dan serat. Keduanya juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman, seperti jus, smoothie, salad, dan masih banyak lagi.
Sebaiknya mengkonsumsi buah naga dengan batas yang cukup, dan menjaga pola makan seimbang.

Komentar